Friday 4 March 2016

PELUANG BISNIS TOKO ONLINE KAOS DISTRO

http://amikom.ac.id
Nama    : Dikih Arif Wibowo
NIM      : 15.01.3482
Kelas     : D3 TI 2015
 
ABSTRAK

          Indonesia merupakan Negara terbesar ke 4 (empat) di dunia. Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010 penduduk Indonesia mencapai 237.641.334 jiwa naik 15,37 % dalam 10 tahun pada sensus penduduk tahun 2000 dimana total penduduk Indonesia hanya 206.264.595 jiwa. Penduduk yang banyak ternyata di imbangi dengan meningkatkatnya pengguna internet di Indonesia dari tahun ke tahun. menurut riset yang di lakukan oleh APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), jumlah pengguna internet pada tahun 2014 sebesar 88,1 juta. Angka tersebut naik dari 71,2 juta di tahun sebelumnya. Tidak mengherankan jika Indonesia adalah pengguna internet terbesar ke 4 di dunia.
         Di media sosial Indonesia adalah pengguna Facebook ke empat tertinggi di dunia pengguna Twitter tertingi ke tujuh di dunia dan pengguna instagram ke tiga tertinggi di dunia. Berdasarkan data tersebut tentulah peluang bisnis di toko online sangat menjanjikan. Itu terbukti dengan berkembang pesatnya industri E-commerce  di Indonesia. Transaksi penjualan yang di lakukan di internet mencapai sekitar US$2,6 miliar atau setara dengan Rp34,9 Triliun pada tahun 2014. Industri fashion masih menempati ranking tertinggi dalam hal jumlah penjualan. Bahkan di salah satu perguruan tinggi besar di jogja sebut saja STMIK AMIKOM Yogyakarta ada mata kuliah penjurusan yang membahas mengenai E-Commerce. STMIK AMIKOM Yogyakarta merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang di jadikan contoh oleh UNESCO model Private Entepreuner. Perguruan tinggi yang telah berhasil membuat film animasi di dunia berjudul “Battle Of Surabaya” dan Terbukti 30% lulusan STMIK AMIKOM Yogyakarta berwirausaha. Info perguruan tinggi bisa kunjungi amikom.ac.id 

ISI

           Pengertian toko online adalah perealisasian sebuah toko secara online atau dalam pengertian lain adalah wadah untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Secara bahasa toko online adalah toko dalam internet .
            Di era globalisasi sekarang Internet seolah menjadi merupakan kebutuhan primer bagi setiap individu, dimana dengan internet dan smartphone seseorang dapat mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Bahkan untuk berbelanja pun calon pembeli tinggal memesan barang dari toko online di internet dengan smartphone tanpa harus mendatangi toko secara pisik. Sedangkan jenis-jenis toko online/e-commerce dapat di kategorikan sebagai berikut :

1.    Sosial Media Shop
    Jenis commerce ini yang paling banyak di temui, sebenarnya commerce jenis ini muncul seiring perkembangan social media yang makin menanjak.
2.    Toko Online Classified
       Bentuk commerce ini memiliki ciri khas dimana penyedia jasa e-commerce tidak secara langsung dalam proses jual beli yang terjadi. Kategori ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari usaha e-commerce yang ada. Contoh : OLX, berniaga.com.
3.    Toko Online Marketplace C2C (Customer to Customer)
     Tidak jauh berbeda dengan classified. Namun di commerce kategori ini pengelola juga memberikan layanan metode pembayaran dari transaksi online yang di lakukan. Contoh :kaskus FJB (Forum Jual Beli).
4.    Toko Online B2C (Business To Consumer)
     Jenis toko online ini lebih focus pada penjualan produk milik perusahaan e-commerce itu sendiri. Sehingga keuntungan murni dari penjualan produk murni di miliki oleh perusahaan e-commerce tersebut. Contoh : Lazada dan Bhineka.

             Di Indonesia toko online berkembang sangat pesat, dalam tahun 2014 saja transaksi penjualan melalui online mencapai Rp. 34,9 Triliun. Peluang bisnis yang sangat menjanjikan, anda dapat menjual produk dan barang anda pada jenis kategori toko online yang telah penulis jelaskan di atas.  Di antara banyak produk yang terjual melalui toko online, produk fashion seperti kaos, sepatu, tas adalah produk yang memiliki peringkat pertama dalam jumlah penjualan. Membuat toko online yang khusus untuk menjual kaos distro adalah pilihan yang tepat. seseorang bisa menjual karya kaos produksi sendiri atau menjualkan produk kaos distro milik orang lain. Di samping itu alasan lain untuk menjual kaos distro di toko online di antaranya adalah sebagai berikut.

1.    Kaos merupakan barang kebutuhan primer oleh setiap individu, sehingga kemungkinan untuk terjual lebih besarm, apabila produk kaos tersebut memiliki keunikan serta kualitas yang bagus
2.    30% penduduk Indonesia adalah di bawah umur 30 tahun yang masih produktif dan memiliki minat fashion yang tinggi. Kaos disto adalah salah satu produk fashion yang sangat di minati oleh kalangan pemuda.
3.    Produksi kaos yang mudah, serta bahan-bahan yang mudah juga menjadi factor pendukung untuk mendirikan toko online yang khusus menjual kaos distro.

           Demikianlah peluang bisnis toko online kaos distro, sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan mengingat semakin bertambahnya pengguna internet di Indonesia dan kemudahan dalam berbisnis tentunya. Penulis sendiri adalah mahasiswa aktif di STMIK AMIKOM Yogyakarta sedang startup mendirikan toko online kaos distro. Dengan memanfaatkan teknologi kesempatan bagi pemuda untuk berwirausaha sangat terbuka luas
.
REFERENSI

http://wartakota.tribunnews.com/2014/11/25/penggunaan-aplikasi-pesan-instan-di-indonesia-meningkat
amikom.ac.id
http://tekno.kompas.com/read/2015/03/26/14053597/Pengguna.Internet.Indonesia.Tembus.88.Juta

0 comments:

Post a Comment